Google Drive
Google Drive adalah layanan penyimpanan daring milik google yang diluncurkan pada 24 April 2012. Jadi Google Drive salah satu layanan yang ditawarkan oleh Google dan merupakan layanan untuk menyimpan dokumen atau file secara gratis atau berbayar tergantung pada kapasitas memori penyimpanan itu sendiri. Kapasitas yang disediakan gratis oleh google drive ialah sebesar 5GB dan bisa ditambah jika menggunakan layanan berbayar.
Fungsi Google Drive
Google Drive mempunyai banyak fungsi diantaranya:
1. Menyimpan Data
Fitur utama Google Drive adalah untuk menyimpan file atau dokumen sehingga pengguna bisa mengakses kapan saja dan dimana saja asalkan terkoneksi dengan internet
2. Membuat dan mengedit dokumen
Selain untuk menyimpan data, google drive juga bisa buat membuat lembar kerja atau spreadsheet dan juga bisa buat mengedit data yang diakses atau dibuat dari aplikasi lainnya. Dan juga bisa membuat slide presentasi yang bisa diakses kapan saja. Selain itu tersedia juga bisa membuat gambar atau juga formulir/ angket online.
Kelebihan Google Drive
Ada banyak kelebhan Google Drive yaitu
1. Bisa diakses dimana saja
2. Menyimpan file di satu tempat
3. Dapat membuka dan mengakses berbagai format file
4. Mengonversi dan mengupload file ke format google
5. Melihat dan membuka file apapun
6. Keamanan menyimpan file
7. Dapat bekerja pada berbagai sistem operasi
8. Ruang penyimpanan luas
9. Mudah untuk mengunduh dan mengunggah
10. Sinkronisasi
Kekurangan Google Drive
Google Drive mempunyai kekurangan yaitu pada penyimpanan data online dan bergantung pada jaringan internet
Cara Upload File ke Google Drive
Berikut ini merupakan cara mengupload file ke google drive
1. Masukkan akun gmail anda
2. Klik Ikon google drive
3. Setelah itu klik Drive saya > Upload File
4. Pilih file yang ingin kita upload ke google drive lalu klik Open
5. Lalu tunggu file selesai mengupload, jika sudah selesai mengupload maka akan ada notifikasi seperti ini
Fungsi Google Drive
Google Drive mempunyai banyak fungsi diantaranya:
1. Menyimpan Data
Fitur utama Google Drive adalah untuk menyimpan file atau dokumen sehingga pengguna bisa mengakses kapan saja dan dimana saja asalkan terkoneksi dengan internet
2. Membuat dan mengedit dokumen
Selain untuk menyimpan data, google drive juga bisa buat membuat lembar kerja atau spreadsheet dan juga bisa buat mengedit data yang diakses atau dibuat dari aplikasi lainnya. Dan juga bisa membuat slide presentasi yang bisa diakses kapan saja. Selain itu tersedia juga bisa membuat gambar atau juga formulir/ angket online.
Kelebihan Google Drive
Ada banyak kelebhan Google Drive yaitu
1. Bisa diakses dimana saja
2. Menyimpan file di satu tempat
3. Dapat membuka dan mengakses berbagai format file
4. Mengonversi dan mengupload file ke format google
5. Melihat dan membuka file apapun
6. Keamanan menyimpan file
7. Dapat bekerja pada berbagai sistem operasi
8. Ruang penyimpanan luas
9. Mudah untuk mengunduh dan mengunggah
10. Sinkronisasi
Kekurangan Google Drive
Google Drive mempunyai kekurangan yaitu pada penyimpanan data online dan bergantung pada jaringan internet
Cara Upload File ke Google Drive
Berikut ini merupakan cara mengupload file ke google drive
1. Masukkan akun gmail anda
2. Klik Ikon google drive
3. Setelah itu klik Drive saya > Upload File
4. Pilih file yang ingin kita upload ke google drive lalu klik Open
5. Lalu tunggu file selesai mengupload, jika sudah selesai mengupload maka akan ada notifikasi seperti ini
Komentar
Posting Komentar